Samarinda TV

Blog Samarinda TV

Interior Masjid Bandung Al Irsyad

Masjid Al Irsyad berada di Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang tak biasa. Bangunannya berbentuk kubus menyerupai Kabah di Makkah. Masjid Al Irsyad dibangun tahun 2009 dan baru diresmikan pada tanggal 27 Agustus 2010 silam. Jika biasanya masjid memiliki kubah, tidak demikian dengan Masjid Al Irsyad. Interior Masjid Bandung ini dirancang arsitek ternama Indonesia, Ridwan Kamil yang kini menjabat Walikota Bandung. Bangunan masjid terlihat begitu bersahaja. Namun penataan batu bata pada keseluruhan dinding masjid terlihat sangat mengagumkan. Apabila dilihat dari kejauhan memang sama sekali tidak menyerupai bangunan masjid pada umumnya.

Batu bata yang disusun pada tembok berbentuk lubang di antara bata solid, dilihat dari kejauhan menghadirkan lafadz dua kalimat syahadat. Selain itu interior masjid Bandung memiliki fungsi artistik, lubang-lubang itu juga berfungsi sebagai ventilasi udara. Saat malam hari, sinar lampu akan menerobos celah ventilasi sehingga dilihat dari luar tampak seperti masjid memancarkan cahaya membentuk kaligrafi kalimat tauhid. Masjid seluas 1.871 meter persegi itu hanya memiliki tiga warna, yaitu putih, hitam, dan abu-abu. Tersedia dua pintu masuk masjid yang berada di depan dan samping kanan. Konsep tata letak masjid juga terinspirasi dari aktivitas tawaf mengelilingi Kabah.

Masjid yang mampu menampung sekitar 1.500 orang jemaah ini tidak memiliki tiang atau pilar di tengah ruangan untuk menopang atap sehingga terlihat luas. Hanya empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang atap bangunan. Celah-celah angin pada empat sisi dinding masjid berbentuk segi empat itu menjadikan sirkulasi udara di dalam begitu baik. Sehingga, tidak terasa gerah atau panas di dalamnya meskipun tanpa menggunakan kipas angin maupun AC. Sementara itu interior masjid Bandung terpasang 99 buah lampu pada langit-langit yang menyimbolkan nama-nama Allah atau Asmaul Husna. Ketika lampu menyala, simbol Asmaul Husna itu akan tampak pada setiap lampu-lampu berbentuk kotak panjang tersebut. Bangunan Masjid tersebut akan terlihat menakjubkan.

sumber: jual karpet masjid

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.